Sains dan Sosialitas - Apakah ada Hubungannya?

Rekan-rekan,

Ini ada tulisan yang menarik tentang bagaimana hubungan antara ilmu pengetahuan alam dan ilmu sosial. Sebuah pemikiran yang sederhana tetapi cukup tinggi bobotnya karena ditulis oleh seorang anak SD kelas III yang masih berumur 8 tahun.

Selamat menyimak, semoga makin banyak bibit-bibit yang mampu mengintegrasikan "art", "science" and "technology" di Nusantara ini.

Merdeka.

Salam Ki Jero Martani

Sains dan Sosialitas - Apakah ada Hubungannya?
Oleh Vibi Larassati
http://360.yahoo.com/vibilarassati

Pernakah kita berpikir, bahwa Sains dan Sosialitas ada hubungannya? Jika dipraktekkan, 5 0rang dari 5 orang mengatakan , " Tidak. Bahkan tidak ada sama sekali". Akan tetapi , sebenarnya ada hubungannya. Marilah kita lihat pelajaran Sains tentang Zat Padat. Kita bisa melihat, Sains dan Sosialitas ada hubungannya. Buku Sains di Sekitar Kita mengatakan, " Struktur intan sangat kuat, bahkan lebih dari sangat kuat. Jadi, apapun alat penghancurnya-termasuk batu pun, intan tak mudah hancur". Bagaimana kita bisa melihat persamaan Sains dan Sosialitas? Buku Modul (pelajaran PPKn) mengatakan, " Menggalang persatuan adalah jalan terbaik untuk menang dari kaum penjajah. Akan tetapi, bangsa Indonesia belum menggalang persatuan. Bagaimana mereka bisa menang ???. Beberapa tahun kemudian, kaum pemuda mengadakan Kongres 1 dan Kongres 2 . Dengan begini, mereka bersatu. Akhirnya, bangsa kita menang, dan para pemuda bisa mengembalikan kesejahteraan, kemakmuran, damai di kalangan rakyat jelata". Jelas, bukan? Dengan menggalang persatuan, bangsa Indonesia dapat menang. Sedangkan intan mempunyai molekul kuat,- bahkan lebih dari kuat. Jadi, mereka dapat bertahan, meskipun kekuatan mereka tidak seberapa, jika menggalang persatuan, mereka mempunyai kekuatan besar yang dapat mempertahankan.

Lanjutan tulisan dapat anda lihat di
http://360.yahoo.com/vibilarassati
Silahkan berkunjung ... dan jangan lupa beri komentar untuk adik vibi larassati agar terus menulis ... menulis agar tercapai cita-citanya sebagai pengarang ...

Tidak ada komentar: