Plintat-plintut

Plintat-plintut

Plintat-plintut atau tidak adanya ketegasan dalam mengambil keputusan, lebih berbahaya dari sebuah tindakan keliru. Tidak sedikit pemimpin bangsa, menemui kesulitan dalam mengambil keputusan sendiri, sehingga perlu dorongan orang lain atau bahkan menunggu terjadi keadaan yang memaksa.

Sikap plintat-plintut tanpa ketegasan ini, lebih banyak bukan karena kebingungan, karena pada kenyatannya, mereka terkadang sudah punya solusi yang jelas, tetapi kebanyakan disebabkan oleh kemalasan. Melihat kesulitan-kesulitan itu gampang, tetapi lebih sulit lagi menemukan cara menghindarinya.

=== Plintat-plintut ===

Sementara ada orang lain, yang tidak pernah ragu, memiliki kekuatan besar dalam menimbang dan kecepatan dalam memecahkan suatu masalah. Mereka terlahir dengan cita-cita tinggi dan pikiran gemilang hingga mencapai sukses tanpa banyak kesulitan. Dahulukan tindakan daripada hanya berwacana saja, maka lebih banyak waktu yang terluang. Dengan pikiran positif, niscaya seorang pemimpin akan terus maju dengan kepercayaan yang makin besar.

Salam Hormat,

Ki Jero Martani

Tidak ada komentar: